Peluncuran ETF Bitcoin di Hong Kong Berpotensi Perluas Basis Investor

- 17 April 2024, 17:43 WIB
Ilustrasi Bitcoin
Ilustrasi Bitcoin /Tamimtaban/Pixabay


MALUTRAYA. COM - CEO Indodax Oscar Darmawan menyebut adanya Exchange Traded Fund (ETF) Bitcoin dan Ethereum Spot yang baru diluncurkan Komisi Sekuritas dan Berjangka Hong Kong berpotensi menghasilkan arus masuk modal yang substansial ke pasar kripto, memperluas basis investor, dan meningkatkan likuiditas di pasar finansial global.

Seperti diketahui, unit Bosera Asset Management di Hong Kong dan China Asset Management mengumumkan mereka telah menerima persetujuan regulasi dari Komisi Sekuritas dan Berjangka Hong Kong untuk meluncurkan ETF Bitcoin dan Ethereum Spot pada Senin 15 April 2024 kemarin.

Baca Juga: Pemkot Tidore Bakal Cairkan Hibah Dana Pilkada 2024 untuk Bawaslu

“Adanya ETF Bitcoin dan Ethereum spot di Hong Kong memiliki potensi untuk membawa dampak positif yang signifikan terhadap pasar keuangan global,” ujarnya, Rabu 17 April 2024

Peluncuran tersebut juga menandai tonggak sejarah penting dalam adopsi mata uang kripto sebagai instrumen investasi utama di kawasan Asia.

Keputusan ini datang hanya tiga bulan setelah peluncuran ETF Bitcoin spot pertama di Amerika Serikat (AS) yang mencatatkan sejarah baru dalam industri kripto karena berhasil menarik arus bersih sekitar 12 miliar dolar AS.

Baca Juga: Dokter Jelaskan Sejumlah Dampak Sering Menahan Pipis

Sejak kelahiran ETF Bitcoin Spot di AS, total volume perdagangan Bitcoin di negara tersebut meningkat hingga 200 miliar dolar AS per Selasa 9 April 2024. Prospek yang ada dari ETF Bitcoin mengilhami banyak negara dan kawasan lain untuk mengeksplorasi potensi investasi dalam aset digital.

Menurut Oscar, kehadiran ETF Bitcoin dan Ethereum Spot juga akan memberikan sinyal positif kepada industri keuangan tradisional tentang validitas dan daya tarik aset kripto sebagai kelas investasi yang sah.

Baca Juga: 30 Persen Lebih Pemudik Belum Balik ke Jakarta

Halaman:

Editor: Harianto

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x