Menhan: RI dan China Saling Melengkapi

- 3 April 2024, 07:46 WIB
Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto (kiri) Berjabat Tangan Dengan Perdana Menteri China Li Qiang Saat Keduanya Bertemu di Beijing, China
Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto (kiri) Berjabat Tangan Dengan Perdana Menteri China Li Qiang Saat Keduanya Bertemu di Beijing, China /Biro Humas Setjen Kemhan RI


MALUTRAYA. COM - Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto menegaskan kepada Perdana Menteri (PM) China Li Qiang bahwa Indonesia dan China merupakan dua negara yang saling melengkapi.

Dalam pertemuan dengan Li Qiang itu, Prabowo menyampaikan dia sengaja datang langsung ke China untuk menyampaikan niat dan keinginannya meningkatkan kerja sama dua negara yang saat ini pun telah terjalin erat.

“Saya datang dalam niatan ingin menyampaikan keinginan dan harapan saya untuk meningkatkan hubungan persahabatan dan kerja sama di antara kedua negara,” kata Prabowo kepada Li Qiang saat keduanya bertemu di Beijing, China, Rabu 3 April 2024.

Baca Juga: Pertahankan UHC, Sekda Tidore Minta OPD Saling Sinkron Data

Kunjungan ke Kantor Perdana Menteri China merupakan agenda keduanya di Beijing setelah dia menemui Presiden China Xi Jinping, pada Senin 1 April 2024. China merupakan tujuan lawatan luar negeri pertama Prabowo setelah dia ditetapkan oleh KPU RI sebagai calon presiden RI pada 20 Maret 2024.

Dalam pertemuannya itu, Prabowo juga menyampaikan Indonesia dan China punya ikatan yang saling melengkapi. “Kami melihat hubungan yang saling melengkapi antara China dan Indonesia adalah realitas yang sangat kami syukuri, atas persahabatan dan kepercayaan kepada kami," kata Menhan Prabowo, seperti dikutip dari ANTARA.

Dalam pertemuan yang sama, PM Li menilai lawatan Prabowo ke China merupakan bukti eratnya hubungan dua negara. Bagi Li, Indonesia dan China berhasil memelihara hubungan kerja sama yang erat, dan dua negara siap membuka babak baru dalam memelihara kemitraan itu.

Baca Juga: Pemkot Tidore Mulai Cairkan THR ASN dan PPPK Hari Ini

PM Li kepada Prabowo pun mempertegas komitmen negaranya untuk terus bekerja sama dan menjaga rasa saling percaya antara Indonesia dan China. Dia menyebut China siap lebih intens berkomunikasi dengan Indonesia dan duduk bersama-sama Indonesia dalam forum-forum multilateral seperti PBB dan mekanisme kerja sama lainnya yang ada di kawasan untuk menjaga kepentingan negara berkembang ke arah yang lebih baik.

Dalam lawatannya ke China, Prabowo menemui Presiden Xi, PM Li, dan Menteri Pertahanan China Laksamana Dong Jun.

Halaman:

Editor: Harianto

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x